Triyani’s Weblog

Tax Blogging and Sharing

KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha di Indonesia)

Lagi, menanggapi komentar pak Sulistiyanto disini : http://triyani.wordpress.com/2007/10/08/uu-pt-yang-baru-uu-no-40-th-2007/#comments

Terlampir file Klasifikasi Baku Lapangan Usaha di Indonesia (KBLI) yang diambil dari lampiran KEP-34/PJ./2003  tentang Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) Wajib Pajak.

Sejak th 2003, KLU WP sudah disesuaikan dengan KBLI.

Januari 14, 2008 - Posted by | Ketentuan Umum Perpajakan, Pajak, UU dan Aturan lainnya | , ,

34 Komentar »

  1. luar bisa posting anda sangat membantu saya dalam menyelesaikan perkerjaan saya. terima kasih

    Komentar oleh Carlos | Januari 21, 2008 | Balas

  2. #1, Terima kasih atas apresiasinya pak Carlos.

    Komentar oleh triyani | Januari 21, 2008 | Balas

  3. saya minta tolong dikirimkan UU PT/KLU/KBLI & sekalian SPT TAHUNAN / MASA 2007 yang baru kasih ibu triyani…web ini benar-benar sangat membantu saya.

    Komentar oleh AFRIZAL | Januari 31, 2008 | Balas

  4. #3. silahkan download langsung di menu download. maaf tidak bisa mengirim ke email, krn keterbatasan acces internet saya.

    Komentar oleh triyani | Maret 4, 2008 | Balas

  5. ass, mba triyani hanya mau tanya 1.berapa maksimal bidang usaha dalam 1 siup, 2.brp digit untuk usaha utama & usaha tidak utama, 3.adakah peraturan keppres & kepmen, tentang ini semua, mohon penjelasannya, trims.

    Komentar oleh chamaliandy | Juli 27, 2008 | Balas

  6. dalam usaha jasa menyediakan tenaga ahli untuk suatu perusahaan, termasuk jenis klasifikasi lapangan usaha apa di dalam perpajakan? Seperti: mendidik tenaga ahli agar trampil berbahasa Inggris kmd tenaga tsb dipakai suatu perusahaan, menyediakan jasa tenaga ahli teller, satpam (petugas keamanan), cleaning service untuk suatu bank.

    Komentar oleh prita | November 5, 2008 | Balas

  7. Tentang hal tersebut mohon penjelasannya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih apabila ibu Triyani bersedia mengirimkan ke email saya. Maturnuwun

    Komentar oleh prita | November 5, 2008 | Balas

  8. Saya sedang mencari KBLI 2000, KBLI 2005, kebetulan ketemu weblog ini, dan atas dasar hukum payung KBLI ini sangat informatif buat saya, hanya saya perlu informasi untuk selengkapnya KBLI yang dikeluarkan dari BPS, bisa di download dimana ya, mungkin bisa share ke saya, saya sudah coba ke website BPS tapi susah…tks untuk informasinya

    >> Kalau dari BPS ada bukunya, yang bisa dibeli di koperasi/kantor BPS.

    Komentar oleh Samuel E.D. Tampubolon | November 23, 2008 | Balas

  9. mbak Triyani..
    saya baru tau ada blog ini jadi perkenalkan saya Gorga..
    saya dinas di Kanwil Banjarmasin..
    soal KLU,,kalo boleh saya menambahkan sedikit konfirmasi, bahwa KLU yang ada di DJP saat ini akan disinkronkan dgn KLU yg ada pada BPS,,apkh itu benar?
    yang kedua,,apkh perhitungan jumlah setoran pajak berdasarkan SSP tsb sdh mencerminkan potensi KLU tsb?

    sekian dulu..
    makasih

    Komentar oleh gorga | Maret 4, 2009 | Balas

  10. Terima kasih info KLBI-nya. Selama ini hanya dapat KLBI 2000. Apa ini yg terbaru ya mbak ?

    Komentar oleh Ilham | Maret 4, 2009 | Balas

  11. kalau bisa KBLI juga dijual ditoko buku lainnya

    Komentar oleh BAYU | Maret 24, 2009 | Balas

  12. Terima kasih bu, it helps me a lot!

    Komentar oleh Iwan Gafur | April 14, 2009 | Balas

  13. Nice post agan putri.. akhirnya nemu juga ap itu KBLI, benar2 membantu saya yang baru mempelajari proses pengadaan barang dan jasa
    keep posting..

    >> Kaskuser sejati yah :D

    Komentar oleh Budhi | September 3, 2009 | Balas

  14. terima kasih klbi 2003 nya, kalau yang 2005 lebih terima kasih lagi….

    >> Iya nih, belum update2 lagi.

    Komentar oleh agus | September 29, 2009 | Balas

  15. Mohon informasi kode KBLI untuk ;
    - Asam Fosfat
    - Asam Sulfat
    - Gypsum
    - Asam Fluosilikat
    Terima kasih atas bantuannya

    zaini

    >> Maaf, ga hapal.

    Komentar oleh zaini | Januari 27, 2010 | Balas

  16. Mohon Kami dapat dikirim via email data KBLI 2005,
    terima kasih atas kerja sama, dan bantuannya

    salam
    faqih usman

    Komentar oleh PT.PRIMA BETON INTERNATIONAL | Maret 29, 2010 | Balas

  17. Saya punya usaha Laboratorium kalibrasi.Saya mau mengurus SIUP dimana tempat mengurusnya?Saya sudah ke biro jasa ngurus SIUP tapi katanya jasa laboratorium kalibrasi tidak ada.Bisa kasih info….

    Komentar oleh margono | Juni 25, 2010 | Balas

  18. Perkenlkan saya staff Notaris kota Batam. saat ini saya sdang mengurus suatu PT yang keg usahanya “Jasa Konsultan bidang desain” (menurut Dirjen AHU DepkumHam), karena kegiatan usaha PT tsb adalah bidang jasa konsultan dan desain kapal. tapi anehnya pada saat mengurus SIUP/TDP “Jasa Konsultan bidang desain” tersebut tidak ditemukan kode nomor/kategori nya di database kantor ybs. Apakah ada saran terbaik buat saya dari anda ? sebelumnya saya haturkan terima kasih fulllll :)

    Komentar oleh hidayat | Juli 6, 2010 | Balas

  19. Mbak, salam kenal nama sy ana
    Staff d salah satu instansi pemerintah di jayapura
    Mbak, mohon bantuanx kami ada proses pengadaan sedang KBLI yang kami px yg 2003 kalau mbak px KBLI 2005 tolong d emailkan kah mbak. Krn sy sudah cari di toko buku d jayapura tapi tak ada eh.
    Terima kasih atas bantuannya

    Komentar oleh ana | Juli 16, 2010 | Balas

  20. makasih kk….

    Komentar oleh tyo hadi | Agustus 30, 2010 | Balas

  21. Saya batu memulai usaha penyewaan/rental kendaraan jenis minibus atau sedan, saya akan mengurus SIUP untuk perusahaan saya yang berbentuk PT, mohon informasinya bidang usaha saya ini termasuk jenis jasa utamanya apa di SIUP, terima kasih atas informasinya

    Komentar oleh fery huston | Oktober 12, 2010 | Balas

  22. assalamu’alaikum wr wb

    mba mau tanya, kalo Pengadaan laboratorium bahasa (digital multimedia) ikut sub bidang apa?soalnya kita mau merubah SIUP, tapi petugasnya bingung…
    thanks
    wassalam..

    Komentar oleh widy | Oktober 21, 2010 | Balas

  23. mbak mau tanya klo pengadaan lab bahasa ikut sub bidang apa ya?
    terima kasih

    Komentar oleh widy | Oktober 21, 2010 | Balas

  24. Thanks Mbak,

    Sangat membantu

    Komentar oleh Nita | Februari 11, 2011 | Balas

  25. terima kasih untuk infonya

    Komentar oleh titus permadi | Juni 8, 2011 | Balas

  26. Mohon bantuannya, butuh buku potunjuk KBLI 2009 karena lagi cari kode jenis2 usaha. Binggung neh,susah nemunya.Please

    Trims,
    Yantri

    Komentar oleh Yantri | Juli 9, 2011 | Balas

  27. apakah kelompok usaha bs berubah-ubah mbak..?

    Komentar oleh simon | Oktober 7, 2011 | Balas

  28. Halo mbak, salam kenal.

    saya ingin menanyakan, kalau ada situasi seperti ini…

    dalam Surat Keterangan Terdaftar yang dikeluarkan KPP Tanah Abang Satu mencantumkan pada butir 3 KLU : 51900 – Perdagangan Besar Lainnya (pada butir 8 Kewajiban Pajak – PPh Pasal 4(2), PPh Pasal 21, 23, 25, 26, 29)

    sedangkan dalam Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Persetujuan Awal Penanaman Modal yang dikeluarkan Badan Koordinasi Pasar Modal (BKPM) tercantum KBLI 46202 – PERDAGANGAN BESAR BUAH YANG MENGANDUNG MINYAK (Kelompok ini mencakup usaha perdagangan besar hasil pertanian tanaman
    buah yang mengandung minyak, seperti kelapa dan kelapa sawit).

    Yang saya ingin tanyakan adalah apa bedanya KLU dan KLBI, serta implikasi dari perbedaan tersebut. Apakah dasar pengenaan pajaknya berbeda?

    Terima kasih

    Komentar oleh Firzie | Januari 11, 2012 | Balas

  29. Untuk beli buku KBLI 2009 dan KBLI 2009 bisa di dapat dari mana ya..? mohon infonya..

    Komentar oleh irwan | Februari 15, 2012 | Balas

  30. Maaf yg saya maksud untuk mendapatkan buku KLUI 2009…mohon infonya..

    Komentar oleh irwan | Februari 15, 2012 | Balas

  31. Saya mo ty?mba,boleh tau PT.ZEBRA ASABA INDUSTRIES Jl.kapuk raya no:62 jakarta utara pd wktu prijinan msky kesektor apa?tanks

    Komentar oleh ropik | Februari 16, 2012 | Balas

  32. [...] tulisan ini >> http://triyani.wordpress.com/2008/01/14/kbli-klasifikasi-baku-lapangan-usaha-di-indonesia/KBLI_2009 Rate this: Like this:SukaBe the first to like this [...]

    Ping balik oleh KBLI 2009 « Triyani’s Weblog | Maret 24, 2012 | Balas

  33. [...] Buat teman-teman yang cari file KBLI_2009, berikut ini filenya KBLI_2009 Update tulisan ini >> http://triyani.wordpress.com/2008/01/14/kbli-klasifikasi-baku-lapangan-usaha-di-indonesia/ [...]

    Ping balik oleh [pajak] KBLI 2009 | JeritanKu | Maret 26, 2012 | Balas

  34. saya tinggal di Pekanbaru-Riau. Perusahaan saya merupakan vendor PT. Chevron Pacific Indonesia (Oil Company). Saat ini PT. Chevron dalam melakukan evaluasi dokumen pendaftaran tender mengacu kepada bidang yang tertera di Bidang SIUP perusahaan.
    Masalahnya PT. Chevron mempunyai Bidang dan Sub bidang tersendiri. Contoh : Alat pemboran dan eksplorasi ataupun eksplorasi,produksi dan pengolah lanjutan.
    Sementara SIUP berdasarkan KBLI 2009 tidak ada yang mengacu kepada Bidang/Sub bidang tersebut.

    Kami sudah beberapa kali mendatangi BPT setempat, Tetapi mereka tidak dapat menerbitkan sesuai dengan bidang/sub bidang dari PT. Chevron pacific indonesia tersebut.

    Mohon info bagi yang tau solusi ini..salam

    Komentar oleh erda | Juli 8, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 179 pengikut lainnya.

