SPT Masa PPN Baru (Form 1108)

Semalem saya dapat kiriman email isinya peraturan baru tentang SPT Masa PPN yang baru Form 1108 lengkap dengan Buku Petunjuknya, Petunjuk Pengisian SPT Masa PPN Form 1108.

SPT 1108 ini merupakan lampiran dari Peraturan Dirjen Pajak Nomor : PER 180/PJ./2007 Tentang “Bentuk, Isi dan Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai (SPT Masa PPN) Dalam Bentuk Formulir Kertas (Hardcopy) Bagi Pengusaha Kena Pajak yang dikukuhkan di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua, KPP Pratama Jakarta Gambir Tiga dan KPP Pratama Jakarta Abang Satu Dalam Rangka Uji Coba Pengolahan Data dan Dokumen di Kantor Pusat Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan”

Berdasarkan PER-180 tersebut, maka Pengusaha Kena Pajak yang :

1. Terdaftar di 3 KPP berikut ini :

  • KPP Pratama Jakarta Gambir Dua (kode : 028 ) ,
  • KPP Pratama Jakarta Gambir Tiga (Kode : 029) , dan
  • KPP Pratama Jakarta Tanah Abang satu (Kode : 022)

2. Dalam satu masa pajak (“= satu bulan”) menerbitkan Faktur Pajak Keluaran maksimal 30 faktur pajak atau mengkreditkan pajak masukan maksimal 30 faktur pajak, dan

3. Menyampaikan SPT Masa PPN dalam bentuk hardcopy,

terhitung mulai masa Januari 2008 WAJIB menggunakan formulir 1108 tersebut.

Sementara bagi PKP yang terdaftar di KPP lain (selain 3 KPP tersebut diatas), dalam melaporkan PPN tetap menggunakan Form 1107. Begitu pula bagi PKP yang telah menyampaikan SPT Masa PPN dengan menggunakan eSPT, tetap menggunakan eSPT PPN 1107.

Saya tidak belum memiliki informasi apapun lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan “Uji Coba Pengolahan Data dan Dokumen di Kantor Pusat Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan”

Untuk Lebih Jelasnya barangkali teman-teman, PKP atau WP yang terdaftar di 3 KPP tsb bisa menanyakan ke AR-nya masing-masing. Dan.. Jangan lupa yaaa.. kalau ada yang sudah memperoleh info lebih lajut, tolong kasih tahu saya 🙂 . Atau mungkin ada teman AR di salah satu KPP tsb yang mau berbaik hati untuk menjelaskan lebih lanjut.. tentu akan diterima dengan senang hati… heheheh…

Terima kasih sebesar-besarnya saya sampaikan pada seseorang yang punya ID belajar_pajak [at] yahoo , yang telah membagikan aturan baru tsb ke email saya.

94 tanggapan untuk “SPT Masa PPN Baru (Form 1108)

  1. Sebelumnya, saya secara pribadi, mengucapkan banyak terima kasih kepada mba triyani untuk bacaan2 di blog ini yg banyak membantu saya.

    form 1108 bikin kita sdh tdk bisa lagi print SPT Masa PPN dg menggunakan office program, manual lagi kecuali kita mau pakai e-spt. kecuali kita bs ngakali ngeprint pakai form 1108 asalkan tercetak tdk melebihi kotak/garis yg ada, itupun kalau kita bs nyeting kolom demi kolom, row demi row…
    tolong bagi2 yach klo ada yg bisa bikin tempelatenya pakai office program (windows/linux).

    semoga blog ini jaya selalu dgn ke-update-annya….
    Amiiinnn…

    Suka

  2. Assalamui’alaikum Wr. Wb.

    salam kenal
    saya dapat tugas dari abang saya untuk mengisi form spt masa ppn dalam bentuk hardcopy. namun saya kerepotan dalam membuat ulang form tersebut di excel.
    iseng-iseng coba2 saya cari formnya di situs pajak. dan yang ketemu tidak sama dengan yang saya punya. disana adanya form 1107, padahal punya saya 1195.
    yang jadi pertanyaan saya :
    1. apakah sama form tersebut ?
    2. kalo tidak sama, dimana saya dapat mendownload form yang 1195 tersebut?

    terima kasih sebelumnya.

    Suka

  3. Wa’alaikumussalam wr wb.
    Mas Saparudin mau bikin SPT Masa PPN utk bulan apa ? tahun brp?

    Utk masa sebelum tahun 2007 SPT Masa PPN menggunakan form 1195
    Mulai Jan 2007 : Menggunakan Form 1107 dan eSPT 1107
    Mulai th 2008 : Utk sebagian WP* menggunakan Form 1108, WP lainnya menggunakan form 1107 dan eSPT 1107

    Masing2 kode form tsb beda.

    Suka

  4. Terima kasih ya mbak atas tanggapannya.
    Saya sudah suruh oleh abang sejak 2006, sampe sekarang belum selesai saya kerjakan.
    dari keterangan mbak tri, saya jadi sedikit ngerti..
    maklumlah saya sangat awam dibidang itu.
    sekali lagi terima kasih.

    Suka

  5. #6. yaa.. utk th 2006 masih menggunakan form 1195..
    wahh.. mesti cepet2 diselesaikan dan dilapor tuh mas, karena sudah terlambat sekali. Mulai tahun 2008 Denda telat lapor SPT Masa PPN Rp500 ribu/bln.

    Suka

  6. mau tanya aja. untuk form ppn 1108 yang baru belum ada soft copy dalam bentuk word atau excelnya yah. jika sudah ada bisa minta tolong dikirimin… thx

    Suka

  7. #8, Mestinya hardcopi form 1108, Bisa minta ke 3 KPP tsb (Gambir 2, gambir 3 dan Tn Abang 1). Ato download dari blog ini dan print sendiri 🙂

    #9, 10, 11.
    Saya dapat kirimannya dalam format Pdf, sepertinya memang tidak ada versi excelnya. Barangkali teman2 bisa memindahkan ke excel dari file pdf tsb, nanti share ke saya 🙂

    Suka

  8. terimakasih loh mbak infonya. saat serching malah dapet blognya mbak,

    saya mau tanya sedikit kalau pengisian spt untuk tahun 2008 ini masih sama tidak dgn tahun 2007 kemaren, saya cari infonya. kebanyak tidak ada yg pasti.

    thx

    Suka

  9. terimakasih loh mbak infonya. saat serching malah dapet blognya mbak,

    saya mau tanya sedikit kalau pengisian spt perorangan untuk tahun 2008 ini masih sama tidak dgn tahun 2007 kemaren, saya cari infonya. kebanyak tidak ada yg pasti.

    thx

    Suka

  10. bentuk form PDF yang ada, sebenarnya sudah bisa langsung untuk pengisian dan bisa lansung diisi disitu.., kenapa harus memakai excel lagi ??? Pastikan PDF viewernya sudah terinterasi dengan JAVA

    Suka

  11. #13, 14; Mengenai Pengisian SPT Tahunan bisa dilihat di posting ttg SPT Tahunan WPOP -ada sedikit perbedaan- 🙂

    #15. Iya bener pak. PDF form tsb bisa langsung diisi.

    Suka

  12. mbak triyani….denda telat lapornya mahal banget….sih?!
    padahal saya sering telat lhooo…tahun22 yg lalu…
    oh iya …tahun 2007 saya lupa melaporkan pajak masukan ppn..gimana tuh mbak?!

    bisa nggak dibetulin ( dilaporkan lagi tahun ini ) dan bagaimana dengan dendanya ?!
    terima kasi…

    Suka

  13. #17. iya, memang denda telat lapor PPN lumayan mahal sekarang.
    ya sebaiknya jangan telat2 lagi yah lumayan lho hemat 500 rb :), belum lagi kalo telat lapor FP Keluaran kena sanksi jg bisa double sanksinya. Denda telat lapor, dan sanksi adm telat lapor FP keluaran 🙂

    tahun 2007 masih bisa dibetulkan. jika dulu sudah lapor, maka tdk ada lagi denda telat lapor. krn pembetulan. kecuali jika Anda blm lapor, maka telat dan akan dikenakan denda. Dendanya mengikuti ketentuan lama.

    Suka

  14. wah telat nih taunya… hehehe waktu mau lapor baru dikasi tau sama tellernya Gambir Dua. AR nya payah juga nih, gak kasih konfirm apa2… padahal udah nyimpen no tlp icha…

    Suka

  15. #19. wahh.. telat yah.. makanya sering2 ikuti perkembangan aturan pajak terbaru yah 🙂

    kalo AR-nya ga telp.. mba Icha aja yang telponin AR tsb eheheheh

    #20. ok nanti saya coba.
    Icha bisa kirim via email ke saya. emailku udah di pajang tuh di deskiripsi “blog ini”

    Suka

  16. PDF Form PPN 1108 memang sudah langsung bisa di isi, tapi tidak bisa di save di komputer. Tolong dikirimi yg dalam bentuk excelnya dong, supaya bisa di save di komputer.

    Suka

  17. Pembuatan Blog ini amat membantu semua orang dalam pengenalan maupun update peraturan perpajakan. Makasih atas usahanya. Maju terus deh..

    Suka

  18. Kalau ada siapa saja yang ingin Form. 1108 format excel, silahkan kirim email kosong ke: mukezile@gmail.com tapi memang tidak 100% sempurna (-+ 95% laah..!@!!), lumayan membantu, silahkan gunakan dan mohon bantuannya untuk menyempurnakannya. Tks.

    Suka

  19. #22.. silahkan refer to komentar no 24 🙂

    #23. Terima kasih atas apresiasinya

    #24. Terima kasih atas sharingnya. silahkan teman2 yang membutuhkan kirim email langsung ke ‘mukezile’.

    Suka

  20. Mbak aku mau tanya
    aku dapet proyek dr pt a
    aku punya usaha event organizer
    aku jalanin proyek event
    misal proyek 3 bulan 100 juta ppn 10 % dibayarkan ke aku 10 juta
    masing2 bulan 30 juta budgetnya
    dapet fee organizer 10 juta per 3 bulan
    jadi total yang diterima 100juta +fee10juta+10juta ppn

    tapi karena beberapa ada pengeluaran seperti atk, pembelian komputer terus seperti entertaining pemberi proyek dll pengeluaran lain setiap bulan pengeluaran membengkak dr budget .
    karena masih awal belum untung
    bagaimana menghitung ppn dalam laporan pajak kalo ternyata merugi…
    pph aku gak minta berarti dihitung dari mana?dari total proyek atau dari fee organizer
    Thanks ya mbak
    boleh diemail ke aku gak via japri..thx

    >> kalau yang dimaksud dalam pertanyaan ini adalah PPh 23 atas jasa event organizer, maka Dasar Pengenaan Pajaknya dari Fee-nya saja, sepanjang dalam kontrak/tagihan dipisahkan antara besarnya fee dan biaya2 lainnya. Namun jika tidak dipisahkan, PPh 23 akan dikenakan dari seluruh tagihan.

    Jika yang dimaksud adalah PPh Badan/ PPh Pribadi -usaha EO- ini, maka PPh akan dikenakan dari laba bersih fiscal. Jika masih rugi -secara fiscal- maka tdk ada PPh yang harus dibayar. PPh 23 yang telah dipotong oleh client merupakan kredit pajak yang dapat diminta kembali / direstitusi. Setelah melalui pemeriksaan pajak, PPh yang lebih bayar akan dikembalikan

    Suka

  21. walau baru melihat sekilas saja, terima kasih atas semua keterangan2 yang dimuat dalam blog ini, yang saya harapkan dapat menjadi wajib pajak yang taat dan mengerti dengan baik peraturan undang2 yang baru

    sekali lagi terima kasih mbak Triyani, sukses selalu

    wassalam

    >> Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya. Semoga kita sama-sama sukses.

    Suka

  22. Mbak, saya mo tanya, saya pedagang eceran PKP ( semacem toko kelontong ) yang tidak wajib pembukuan, terus pengenaan PPN – nya gimana ?
    Saya hanya melakukan pencatatan terus gimana cara menghitung PK atau PM-nya ? Mohon kasuh tau peraturan ( PMK, Per Dirjen, Atau PP ) no berapa ?

    Mercy beacoup…

    >> silahkan cek peraturan baru yang saya posting disini pak :
    https://triyani.wordpress.com/2008/04/14/pedoman-pengkreditan-pajak-masukan-bagi-wp-yang-memilih-menggunakan-norma/

    Suka

  23. Sori mbak, ada yang kelupaan yang saya mau tanyakan. Sy ada kelupaan mengkreditkan pajak masukan bulan januari 2008, sepengetahuan saya pengkreditan pajak dapat dilakukan 3 bulan sejak masa faktur pajak dikeluarkan atau kalau lebih dari itu dengan cara membetulkan SPT Masa PPN pajak dimana faktur pajak tersebut dikeluarkan(mohon saya dikoreksi apabila ada penafsiran yang salah. Pertanyaan saya adalah apakah SPT masa PPN yang saya harus betulkan cukup bulan Januari saja atau termasuk juga Feb-April karena kalau saya melakukan pembetulan untuk SPT Masa PPN Januari 2008 maka ada penambahan di pajak masukan yang mengakibatkan ada perbedaan selisih antara pajak masukan dan keluaran. Minta petunjuknya donk mbak. tk

    Suka

  24. Sori mbak, ada yang kelupaan yang saya mau tanyakan. Sy ada kelupaan mengkreditkan pajak masukan bulan januari 2008, sepengetahuan saya pengkreditan pajak dapat dilakukan 3 bulan sejak masa faktur pajak dikeluarkan atau kalau lebih dari itu dengan cara membetulkan SPT Masa PPN pajak dimana faktur pajak tersebut dikeluarkan(mohon saya dikoreksi apabila ada penafsiran yang salah. Pertanyaan saya adalah apakah SPT masa PPN yang saya harus betulkan cukup bulan Januari saja atau termasuk juga Feb-April.Tk

    >> PM bulan Jan 2008 dapat dikreditkan masa tidak sama paling lambat 3 bulan.
    (bisa bln Feb, Maret atau April). Kalau FP bln Jan tsb baru diterima di bulan Mei, Anda dapat membetulkan SPT Masa bln April, lebih bayarnya dapat dikompensasikan ke masa Mei.
    Mengenai tatacara pembetulan PPN, lebih detail silahkan baca buku petunjuk pengisian SPT Masa PPN.

    Suka

  25. Mbak…
    Saya mau tanya dong….tentang pengguaan BKP/JKP dari luar daerah pabean di daerah Pabean berupa Penggunaan JKP Kapal Luar Negeri.
    Contoh:
    PT. A adalah agent di Indonesia. Perusahaan “BB” di Vietnam menyediakan Penyewaan Kapal Angkutan Barang.
    PT. C adalalah perusahaan PMA yang ada di Indonesia bergerak dibidang perkebunan.
    Permasalahanya:
    PT. C meminta ke PT. A untuk mengangkut Barang di Singapura dengan nilai barang USD $ 10.000.- dan by Angkutan USD $ 2.000.-
    PT. A menerima imbalan fee 10% dari seluruh biaya untuk PT.A.
    PT. A mencari kapal dengan menyewa Kapal “BB” milik perusahaan pelayaran Vietnam. Destination document semuanya ditujukan ke PT. C. Semua perpajakan yang ditimbulkannya khususnya pengangkutan masing2 bersedia memenuhi kewajiban perpajakan yang ditimbulkan dari transaksi tersebut.

    Pertanyaannya:
    1.Misalkan Documen secara administrasi telah memenuhi
    syarat, kira2 Jenis perpajakan apa yang menjadi kewajiban PT. A dan Berapa besarnya PPN dan PPh (bila ada) bila Kurs Pajak USD $ 1 = Rp. 9200.-.
    2. Kewajiban Perpajakan PT. A. saat perusahaan “BB” menagih pembayaran ke PT. A sebagai penyewa Kapal.
    3. Kewajiban perpajakan PT. C pada saat PT. A menagih pembayaran.
    4. Bagaimana cara melunasi perpajakannya dari segi pihak PT. A.

    Terimakasih,
    Mohon dibalas ya mbakkk…

    Suka

  26. mau tanya dunk?
    kalo PKP yang terdaftar di KPP WP BESAR pake SPT Masa PPN form yang mana? 1108 or 1107?

    klo pengen liat contoh form SKPLB PPN cari dimana ya? trus contoh surat permohonan restitusi PPN yang ditujukan ke Kepala KPP selain SPT Masa PPN itu sendiri (tanda “X” pada kolom restitusi), liat dimana ya? punya contohnya gak?

    Suka

  27. Bener2 ya Pajak bikin pusing aja dah simpel yg form 1107 cuma 3 lembar eh ganti lagi dengan form 1108 dengan berjibun lampiran. dah disuruh download dalam format pdf, wong kalau mau kasih kemudahan untuk WP buat formatnya yang excle gitu lohhh biar mudah dan cepat. kalau kayak gini kan bikin tambah runyam….
    Mbak.. untuk lampiran kalau dari lampiran itu yg terpakai hanya 1 boleh gak tidak dilampirkan pas lapor pajak.
    tks banget ya. btw kalau ada form 1108 format excle e-mail ke aku ya

    Suka

  28. begini,
    Dibulan Maret 2008, perusahaan ditempat saya membayar PPN atas PPN Jasa Luar Negeri, untuk tahun 2006 bulan Nopember dan Desember, serta untuk tahun 2007 bulan Januari dan Februari.
    Pertanyaan. sekarang kan tahun 2008,bagaimana cara membuat laporannya dibulan Maret 2008?.
    Please tolong dijawab cepet ya?. thanks

    >> Sebetulnya case ini jawabannya agak ribet karena terdapat berbagai penafsiran. Ada yang menafsirkan bisa dikreditkan pada bulan pembayaran, meski PPN tsb sesungguhnya telat bayar (lama sekali pula telatnya). Disisi lain ada yang berpendapat PPN yg telat dibayar tsb, menjadi tidak dapat dikreditkan.

    Mohon Maaf, Saya tidak berani memberikan opini karena tidak melihat detail data dan permasalahannya.

    Suka

  29. Begini, saya sudah dapat dari download untuk SPT Tahunan PPH Perorangan tapi setelah saya coba untuk mengisi data – data kenapa tidak bisa, tolong dibantu solusinya ?Thanks

    >> Maaf, Ini file yang mana yah?

    Suka

  30. mau nanya donk mbak, klo faktur pajak nya april, dgn spm paling telat masa pajak 3 bulan ( mei juni juli )brarti paling telat dilapor di agustus ya? thanks

    >> Mba Christine, ini mengenai Pajak Masukan khan?
    Jika Iya Faktur Pajak yg diterbitkan bulan April, dapat dikreditkan MTS paling lambat masa Juli (paling telat dilapor tgl 20 Agustus)

    Suka

  31. Mba Tri! mohon dikirm via e-mail spt ppn 1108, aku sudah coba dowload, tapi nggak bisa terus, thanks.

    >> Maaf pak Agus, saya tidak punya file dimaksud. Lagian saya lebih suka lapor menggunakan eSPT . PS : ini sekaligus menjawab email japri Anda yah 🙂

    Suka

  32. Assalamu’alikum wr wb
    boleh saya bertanya bagaimana mengurus SPT MASA PPN ?, dan dimanakah mendapatkan form utk SPT.
    sukron

    tono

    >> Wa’alaikumussalam wr wb
    untuk dapat melaporkan SPT PPN, sebelumnya WP harus dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). Setelah dikukuhkan baru PKP tsb memiliki hak dan kewajiban di bidang PPN. Formulir SPT Masa PPN bisa diminta ke KPP atau didownload dari website DJP

    Suka

  33. mba aku mau tanya nich bagaimana yah aku kan mau membetulakan espt PPN 1107 tapi kok pas melekukan mempentulan dalam espt poin yang kan saya betulkan menggandakan diri jadi ada 2 dengan faktur pajak yang sama bisa gak espt 1107 diinput menggunakan excel sekali lagi terimakasih yah mbak

    >> Memang kadangkala banyak masalah teknis yang terkait dengan eSPT 1107. Saya tidak bisa menjawab dengan tepat masalah ini, karena kadang2 masalah yang sama di komputer yang berbeda solusi yang dilakukan berbeda. Akan lebih mudah jika saya langsung melihat database-nya. Barangkali bisa coba diulang lagi pembuatan SPT Pembetulannya dengan cara menghapus SPT PPN P1 lebih dulu.

    Jika sudah wajib menggunakan eSPT, pembetulan juga harus dilaporkan dengan eSPT.

    Suka

  34. mba mulai masa agustus 2008 daerah jakarta selatan juga diwajibkan pake form 1108

    masalahnya di situs resmi pajak blum ada yg format excel nya
    dan untuk eSPT nya cuma ada yg 1107 ver 3

    gimana dunk yaa,??

    >> Iya, betul. berdasarkan KEP-127 KPP di lingkungan kanwil jaksel juga menerapkan SPT 1108.
    kalau ga mau pakai form 1108, lapor pakai eSPT 1107 saja… simple khan ga perlu cari2 file excel 🙂

    Suka

  35. Mbak Tri kabar dari saya adalah mulai masa September 2008 KPP Pancoran sudah mewajibkan kami (WP building management dengan penerbitan faktur maks. 5 per bulan) untuk lapor PPN pakai form baru 1108(?)

    >> Iya, sejak masa Agustus KPP di lingkungan kanwil jaksel mulai menerapkan form 1108.
    kalau ga mau pakai form 1108, lapor pakai eSPT 1107 saja.. 🙂

    Suka

  36. Ass,
    Mba Tri,mohon bantuannya.bulan juli lalu saya membuat FPS,atas pembelian suatu barang.barang sudah dikrm&berkas tagihan sudah terlampir.maka saya membyr PPN yg mnjd tanggungjwb perush. saya,yg jd masalah a/ senin kmrn saya baru diberitahukan bahwa nama,NPWP&alamat terjadi kesalahan.saya hrs membuat surat pembetulan lebih byr krn yg saya buat 010 seharusnya 030(yg merupakan pemungut PPN).apa saja yg hrs saya lakukan?tolong beri contoh form apa saja yg ada pembetulannya&surat pembetulan ke KPP sprt apa?Tolong bantu ya.terima kasih atas bantuannya,mba tri.

    Suka

  37. Assalamualaikum,,,

    mbak tri, saya mahasiswa semester 7 di universitas sriwijaya,,

    saya ingin mengangkat topik mengenai perubahan SPT masa PPN 1108 yang baru saja keluar,,,

    kira2 perusahaan mana (klo bisa beserta nama perusahaannya) saja yang wajib menggunakannya?

    karena saya ingin mengevaluasi keefektivitasannya dalam penyampaian informasi kepada KPP yang bersangkutan,,

    oh iya, kira2 penggunaan form SPT baru ini akan digunakan di daerah mana saja ya? apakah hanya di Jakarta saja atau bisa ke daerah lain seperti Palembang?

    saya sangat berharap atas jawaban mbak,,jawabannya bisa langsung dikirim ke e-mail saya yang saya cantumkan,,,

    terima kasih banyak mbak,, 🙂

    >> Jika Anda membaca PER DJP yang saya lampirkan dalam posting ini, saya yakin Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan ini 🙂

    Suka

  38. Mba Tri, kalau SPT tahun 2007 yg sdh dilaporkan ada kesalahan penginputan dalam neraca yg berkaitan dgn pembelian barang, itu mesti di benarin gak yah mba ? Nominalnya sih tetap tapi nama barangnya ada yg salah, mohon bantuannya yah mba. Trims

    >> Bisa dilakukan pembetulan SPT.

    Suka

  39. ass,
    mbak saya mau brtanya nech…
    kapan sich penggunaan spt masa dan spt tahunan??

    >> SPT Masa untuk laporan bulanan, SPT Tahunan untuk laporan tahunan 🙂

    Suka

  40. Ass,
    Mba saya mau bertanya nih…
    Apa sih itu SPT mas dan SPT tahunan? dan kapan kedua SPT tersebut di gunakan? dan sanksi apa yg diperoleh jika tidak melaporkan? dan apakh kedua SPT tersebut wajib di laporkan oleh seluruh rakyat indonesia? jelaskan…

    saya sangat berharap bantuan mbak, jawabannya bisa di kirim di email saya yg saya cantumkan,,

    Atas bantuannya terima kasih banyak mbak…

    Suka

  41. mba Tri saya mo tanya neh, perusahaan saya ga ada eksport & importnya jd klo pake spt 1108 lampiran tersebut harus tetap dilampirkan ya? thanx tolong bls ya???

    >> lampirkan saja dan diisi nihil.

    Suka

  42. Mbak, saya mau tanya nich. Bagaimana caranya menghapus data Faktur Pajak PPN Masukan yang telah terlanjur dibuat pada eSPT PPN 1107? Ada faktur pajak PPN masukan yang mau saya batalkan, karena tidak valid.

    Mohon jawabannya segera ya Mbak! Thx atas perhatiannya.

    >> jika sudah terlanjur diposting, maka hapus SPTnya dulu, baru kemudian hapus Pajak masukannya dari menu input pajak masukan, tampilkan data.. pilih data yang mau dihapus.

    Suka

  43. mba….,saya mau tanya nich.misalkan ada faktur pajak masukan yg fiktif yang sudah kita kreditkan dan sudah dilapor..otomatis harus diadakan pembetulan.yang mau saya tanyakan,apa-apa aja pengaruh pembelian Fp.Fiktif ini terhadap persediaan barang yang sudah kita masukkan dlm penghitungan HPP.Mohon jawabannya mba ya…..Thx atas perhatiannya…

    >> Pembelian Faktur Pajak Fiktif.. ITU TINDAKAN KRIMINAL lho 🙂
    Sebaiknya dilakukan pembetulan dan jangan dikreditkan, kemudian bayar PPN yang kurang dibayar.

    Suka

  44. Assalammuallaikum.wr.wb.
    >> Mbak saya ingin bertanya tentang cara pengisian SPP Masa PPn untuk perusahaan peragenan BBM, hal ini cukup membuat bingung saya, terutama pada saat setiap saya meminta petunjuk petugas pelayanan pajak selalu mendapat jawaban dan petunjuk yang berbeda.
    kalau boleh saya ingin menghubungi saudari via hp.(jika tidak keberatan)
    Terimakasih,
    Wassalam

    Suka

  45. ASSLM. MBAK SEKILAS SURAT DIATAS SEDIKIT MENJAWAB TENTANG KEBINGUNGAN KITA DENGAN KETIDAKEFISIENAN FORMULIR 1108, YAITU KALO FORMAT EXCEL TDK ADA, LALU DENGAN E-SPT gimana cara mendapatkannya ?? jzk

    Suka

  46. MBA,,, TOLONG AKU BUTUH
    PENJELASAN JENIS PAJAK: PPN, PPh BESERTA KODE FORM SPT, KODE MAP-KJS TRUS OBJEK PAJAKNYA APA SAJA + MAKS.TANGGAL SSP + MAKS TGL. SPT…

    ADA TUGAS NI MBA DARI DOSEN SAYA…

    DIBANTU YA… MBAK…

    MATUR NUHUN MBAK…

    KIRIM KE EMAIL SAYA YA MBAK…

    >> Silahkan baca buku pengantar pajak dengan baik ya. Selamat belajar.

    Suka

  47. Salam kenal,

    Mohon dibantu Mbak” :

    Saya sudah bayar dan lapor untuk PPN bulan Nopember, tetapi saya membuat kekeliruan tidak mencantumkan pajak masukan yang seharusnya ada.

    Pertanyaannya :

    1. Bagaimana saya membuat pembetulannya, karena berarti
    nanti saya ada lebih bayar.
    2. Kalau lebih bayarnya saya kompensasikan ke Desember
    saya harus isikan dimana pada form 1108 Desember.
    3. Desember jumlah PPN terutangnya lebih kecil dari
    selisih pembayaran Nopember, jadi masih sisa bolehkah
    kompensasikan ke Januari 2009, bagaimana mengisinya.

    Terima kasih URGENT

    >> 1) Buat pembetulan saja. kelebihan bayarnya dikompensasikan ke bulan berikutnya.
    2) form 1108 B halaman terakhir (hal 6 angka 3)
    3) boleh

    Suka

  48. Assalamu ‘Alaikum War. Wab!
    Mbak! Saya Bendahara pada salah satu instansi pemerintah. Untuk tahun 2008, saya belum mengirimkan SPT masa untuk setiap pembelian barang yang dilaksanakan oleh instansi tempat saya bekerja. Apa bisa dilaporkan di tahun 2009 ini ? Trus, boleh kirimkan blangko SPT ke emailku ?
    Sebelumnya aku ucapkan terima kasih.

    Suka

  49. Mba Triyani, klo KPP Jakarta Kelapa Gading dan KPP Pratama Kosambi, menggunakan form SPT 1107 or 1108? Thx b4

    >> kalau lapor manual pakai form 1108. Pakai eSPT saja mba

    Suka

  50. mba, kalo pajak orang pribadi…pajak apa aja yg harus dilaporkan setiap bulannya?

    >> Orang pribadinya usaha/pekerjaan bebas atau karyawan

    Suka

  51. Maaf mba mau tanya:
    1. Perbedaan faktur pajak pengganti dengan faktur pajak batal apa ya mba?
    2. lebih baik yang mana dibatalkan atau dibuat faktur pajak pengganti
    3. untuk pembetulan itu max brp kali dalam 1 masa?kl ga salah 3 bln ada peraturannya ga mba?

    Makasih bgt sebelumnya, mohon dijawab, urgent soalnya

    >>
    1. FP Pengganti, merupakan FP yang diterbitkan untuk menggantikan FP lainnya, yang mungkin salah dalam pengisian dll. Kode status “1”
    2. Tergantung casenya. Kalau salah, ya diganti saja. Kalau memang transaksinya batal, ya harus dibatalkan 🙂
    3. Tdk ada batasannya. Cuman kalau sering melakukan pembetulan, capek jg kali 😀

    Suka

  52. Mbak mohyon tanya, kenapa sih Dijen Pajak tidak mempermudah WJ dalam pelaksanaan kewajibanya? Maalah formulir saja ribetnya ga ketulungan? kenapa , Mbak?

    Suka

  53. salam kenal,

    mba aku mo tanya ttg ppn,,mksdnya mengkredit pajak masukan itu apa ya?
    kl dlam satu bulan kita hnya mengeluarkan 1 FP standar dan menerima 1 FP Standar atas pembelian brg yg dikenakan ppn, apakah kita sudah harus menyetor dan melapor spt ppn’a?? trus gimana cr menghitungnya??
    tolong dibalas ke email sy ya mbak,,slnya sy masih bingung nih, sementara tgl pelaporan tgl beberpa hari lg.
    Terima ksh sebelumnya.

    Suka

  54. Mbak Tri , mau tanya, saya membuat kesalahan di spt ppn yaitu faktur pajak(pm) yg sama, di kreditkan 2 kali(dobel), klo pembetulan,apakah akan kena sangsi ya mbak?& klo ga dibetulkan sangsi apa yg akan saya terima?& berapa besar sangsinya? Sebelum & sesudahnya terimakasih ya mbak Tri..^_^

    Suka

    1. kalau pembetulan, maka akan terjadi kurang bayar PPN pada masa pelaporan pajak yang PMnya dobel, dan dikenai denda 2% tiap bulan (maks 24 bulan) sejak masa pelaporan PPN.

      >> Iya, Betul.

      Suka

  55. Asslm Mba Triyani

    Terima kasih dan semoga terus maju……
    begitu besar manfaat yang bisa kita peroleh disini
    semoga ini menjadi bagian ibadah mba tri……….
    dalam menjalin “Hablum Minnanass”

    terima kasih n semoga lebih sukses lagi
    Wass//jono//

    Suka

  56. Asslm Mba tri

    mohon di bantu untuk pembayaran dividen dikenakan pasal 23 atao tidak yach, penerima dividen a/n perseorangan dan yang satunya a/n pt/badan usaha…
    terima kasih

    Suka

  57. Mbak Tri,
    mau tanya dikit masalah spt masa ppn.
    sy punya rekan bisnis, bergerak dlm bidang trading chemical, dan ternyata dia blm pkp. tapi dia sdh memotong ppn sejak januari’09 dan langsung disetor sebelum tgl 15. pertanyaan saya, bagaimana melaporkan ppn yg pungut dan sdh disetor tsb, padalah perusahaan rekan sy itu baru pkp buln mei’09
    terima kasih atas percerahannya
    =bintang=

    Suka

  58. Mbak Tri
    sblmnya sy ucapkan trm ksh jk komentar saya mbak berikan solusinya.
    sy mega sy salah satu pgwi swt, sy ditugaskan u/ membuat perhit. pajak PPh Ps 23, PPh badan dan PPh ps 21, PPN in adl pnglm p’tma sy, sblmnya sy prnah ikut breved ditmp sy kuliah but sy krng bgt memhaminya oleh karena itu sy mohon bantuan Mbak Tri u m’mbntu sy dengan memberikan contoh kasus dan cara perhitungan dengan tarif PPh yang terbaru.
    Ats prhtiannya sy ucapkan terima kasih.

    Suka

  59. assalamu`alaikum
    Mbak Tri..gimana sih cara membuat SPT masa PPN tahunan, PPh 25 Badan…saya kebingungan karena saya sendiri sama sekali buta tentang perpajakan..
    Jawabannya ditunggu banget..
    makasi sebelumnya mbak Tri

    >> SPT Masa PPN gampang, tinggal pakai aplikasi eSPT 1107 yang disediakan secara cuma2 oleh KPP. atau bisa isi dari template excel yang juga bisa didownload di berbagai site pajak
    untuk PPh pasal 25, gunakan form SSP

    Akan lebih baik jika baca2 dulu buku petunjuk pengisian SPT Masa PPN. Di beberapa KPP ada disediakan buku ini.

    Suka

  60. mba, org pajak saya lupa lapor PPN masukan dibulan januari 2009. apakah bisa saya laporkan dibulan desember 2009 ini? atau dijadikan biaya? tolong bantuannya mba krn nilainya ini cukup besar. trims

    Suka

  61. Ass.wr.wb

    mbak tri saya mau bertanya , saya mempunyai usaha bengkel mobl dan cuci steam apakah saya perlu membayar PPN juga soalnya saya sama sekali awam soal pajak dan apa saja yang perlu di laporkan ke pajak ! trimakasih

    Suka

  62. Assalamualaikum Mbak Tri, aya mau minta tolong ni mengenai PPN. Ketika WP Badan bertransaksi dengan pemerintah PPN keluran lansung di pungut. Sementara ketika WP beli barang ke WP lain bayar PPN (masukan). Artinya double bayar?

    Suka

  63. Haloo Mba..
    Mba saya mau tanya saya ada perusahaan supplier alat kesehatan dengan pegawai dibawah sepuluh orang .. saya mau tanya:
    1. Untuk perusahaan supplier terkena pajak apa saja ya…
    2. Pajak yang harus dilaporkan Pajak apa saja

    Terikasih Mba..

    Suka

  64. mbak saya ingin menanyakan tentang masalh ppn

    apabila kami belum dikukuhkan menjadi PKP, tapi kami sudah memulai bertransaksi dan memungut dan membayar PPN.
    pada saat lapor ternyata kami belum dikukuhkan menjadi PKP,
    pertanyaan saya adalah :

    apakah PPn yang sudah saya bayarkan sebelum saya dikukuhkan menjadi PKP tetap dapat di akui?

    Suka

  65. hallo mbak..
    mbak mo nanya, saya terlambat lapor SPT masa PPN bulan November dan Desember 2009, karena pada bulan tersebut saya terkena musibah, tiba-tiba sakit yang kemudian dirawat di rumahsakit dan operasi pengangkatan empedu,,,apakah saya mempuyai hak tertulis yang bisa meringankan saya mbak? tolong pencerahannya.

    Suka

  66. Assallammuallaikum ba..

    ba aku mao tanya, kalo training di pungut ppn ga ya ..???
    kalao ada transaksi yg tidak dikenakan ppn berdasarkan UU No. 42 th 2009 pasal 4A. apakah perlu dilaporkan juga dalam SPT Masa PPn ..???

    Suka

  67. ass..mba
    saya bekerja di perusahaan kontraktor yang baru didirikan dan sedang kebingungan dengan masalah pajak. Perusahaan tempat saya bekerja baru mempunyai Tanda Daftar Perusahaan pd 29 Juli 2010 dan dapat nomor NPWP pd 25 Mei. Transaksi perusahaan baru berjalan akhir agustus. Yang ingin saya tanyakan, apakah panduan waktu saya untuk membuat form2 pajak (apakah tgl TDP atau tgl NPWP atau pertransaksi? Perusahaan di kenakan psl 4(2),21,22,23,25,26. form pajak mana saja yang harus saya buat dan laporkan per bulan dan pertahunnya?
    Yang terakhir, apakah perhitungan pajak masa yang seharusnya dilaporkan tapi terlewat karena menunggu legalitas perusahaan di kenakan sanksi/denda bayar perpasal dan permasa?
    trimkasih. ditunggu komentarnya

    Suka

  68. Mohon konsultasi,
    Bgini mas, yang melapor SPT bulan perusahaan saya orang yng dkenalkan satpam kantor pajak Yg saya jg ga kenal, atas saling percaya akhirnya si RETNO (penduduk TEMBUNG Sekitarnya) YNG brtugas buat& melapor SPT ke kantor PAJAK DJP MEDAN-jln diponegoro, Tapi di 2009 dia 3 bulan telat lapor NIHIL SPT 21 25 PPN saat mo nutup npwp perusahaan KETAUAN, & denda total 2,1 juta, mas bisakah saya minta pengurangan atas denda tersebut? Berhub. perusahaan slalu nihil, blon pernah dapat bekerja..??

    Suka

  69. Mbak, mau menanyakan bagaimana cara / langkah2 membuat laporan pajak tahunan? mohon advisenya.

    Dan paling lambat kapan sebetulnya laporan tersebut harus diserahkan? Dan form yang digunakan untuk PPn barang eceran/ retail itu yg mana ya mbak u/membuat laporan.

    Ditunggu advisenya.
    Thanks- Wulan

    Suka

Tinggalkan Balasan ke triyani Batalkan balasan