Triyani’s Weblog

Tax Blogging and Sharing

Download Installer eSPT Tahunan

ini link download installer eSPT Tahunan 2007 Versi 3 (update 29012008 ) http://www.pajak.go.id/download/spt-2007/ [UPDATE NOTE : Link download ini sudah tidak tersedia di web DJP]. Link download installer eSPT tahunan sekarang ada disini :

http://www.pajak.go.id/dmdocuments/eSPT%20PPh%20Tahunan%202007%20v3.0%20(06-03-2007)%20New.rar

sekarang sedang download nih.. mudah2an sudah tidak ada error dlm file versi 29012008 ini. Awal bulan kemarin download yang update per 24012008, ternyata masih ada error seperti salah baca NPWP Penandatangan SPT :(

Padahal kemarin saya lihat beberapa KPP yang memberikan CD file sosialisasi UU KUP yang baru didalamnya termasuk installer eSPT Tahunan 2007 Versi 3 (update per 24012008 ) . Sayang sekali….

Catatan Tambahan [220508] :

Dari beberapa versi update file installer eSPT, sampai hari ini saya masih menggunakan installer versi update tanggal 29012008, karena menurut saya file installer ini yang paling sedikit errornya. Sejauh ini untuk pelaporan ke KPP juga tidak bermasalah.

1. Semula saya menggunakan versi update 24012008, menemukan beberapa error, seperti salah membaca NPWP pendandatangan SPT dan error lainnya.

2. Kemudian saya menggunakan installer versi update tgl 29012008, kesalaham membaca NPWP penandatangan tdk lagi terjadi. untuk prosedur impor data (misal : data 1721-A1, data kredit pajak, data penyusutan dll) tidak ada masalah. proses pembuatan file utk lapor ke KPP juga tidak ada masalah. Sedikit error dalam tampilan menu cetakan, krn form 1771-V tidak bisa dicetak dari menu tsb. Namun solusinya bisa menggunakan menu cetak dari tampilan form 1771-V secara langsung.

3. Meski menggunakan versi update tgl 29 saya blm menemukan masalah yang berarti, namun karena sebelum banyak mengisi SPT Tahunan bulan Maret lalu saya memperoleh file installer update 27022008, saya mencoba melakukan instalasi ulang eSPT dan menggunakan file installer versi tgl 27 peb ini. Sayangnya, bukannya lebih bagus (mengurangi bagian2 yg error), yang ada berbagai kendala saya hadapi:

- Pertama menemukan error ketika input data pemegang saham & pengurus yang berdomisili di LN, NPWP ’00..’ tidak dapat terbaca, messagenya ‘NPWP tidak valid”

- Saat impor Data kredit pajak, lagi2 menemukan error. saya lupa persisnya, tapi sepertinya nomor bukti pemungutan PPh 22 yg disetor sendiri harus diisi, padahal seharusnya tidak nomor. Ketika input data NTPN/NTPP ’00” untuk beberapa SSP yg tidak mencantumkan NTPN/NTPP, juga tidak dapat diimpor

- Error selanjutnya, ketika melakukan pembuatan file ‘format lapor ke KPP’ yang muncul runtime error… shg tidak ada file yg bisa dilaporkan ke KPP.

Entah komputer saya yang tidak mendukung, atau installernya yang makin aneh… oleh karena itu saya balik lagi menggunakan versi 29012008.

4. File yang saat ini ada di web DJP, adalah update versi 06032008, karena installer versi update 06032008 ini saat itu beredar sudah menjelang akhir Maret 2008, maka saya tidak/belum sempat mencobanya, tapi dari gosip kiri kanan yang saya dengar (Termasuk dari beberapa AR) file installer versi 06032008 inipun masih banyak error. entah dibagian mana. Nantilah semoga ada kesempatan untuk mencoba file versi terbaru ini supaya tahu di mana letak errornya

About these ads

Februari 8, 2008 - Posted by | Iseng, Pajak | , ,

15 Komentar »

  1. Mbak, mau nanya nih. kalo lapor PPh 21 tahunan pake e-spt ada minimalnya nggak ? spt e-spt PPN kan kalo dah 30 faktur harus pake e-spt. kalo misalkan jumlah A1 nya 10 atau kurang boleh nggak pake e spt ? terus kalo’ misalkan kita bikinnya pake e-spt tapi lapornya pake hardcopy boleh enggak ? soalnya aturanya kan kalo pake excel ada tanda hitam dipojok ketas gak boleh diilangin. nah kalo pake e spt kan gak ada item-itemnya… nah gimana tuh?

    Tq ya mbak

    Komentar oleh Nur Q | Februari 18, 2008 | Balas

  2. #1. PPh 21 tahunan yang pakai eSPT, tergantung sama KPP masing2. Tapi mestinya semua KPP sudah bisa pakai eSPT, karena skrg sudah tidak pakai kode aktivasi unik.

    Jika KPP sudah mewajibkan eSPT, namun Anda tetap lapor manual, kemungkinan SPT Anda ditolak :). Iya kalau lapor manual.. memang hrs print dari excel.

    Sepertinya tidak ada pembatasan jml karyawan seperti itu. kalau dulu -waktu blm jaman eSPT- malahan jika karyawan diatas berapa ratus gitu -maaf lupa- harus menyampaikan dalam media disket / softcopi.

    Komentar oleh triyani | Februari 23, 2008 | Balas

  3. numpang tanya, saya akan melaporkan PPh pribadi, nomor npwp sudah ada.Klo menggunakan aplikasi e-spt ini berarti tidak perlu datang ke KPP lagi kan?untuk tau klo spt kita diterima bagaimana? trims

    >> Mas Zaki, Aplikasi eSPT hanya untuk memudahkan pembuatan laporan dan perekaman di KPP.
    Data masih harus disampaikan secara langsung ke KPP.
    Namun kalau WP sudah menggunakan e-filing, maka pada saat penyampaian secara online, SPT dianggap telah dilaporkan, namun demikian WP tetap wajib menyampaikan hardcopi -SPT yang ditandatangani-. Agar WP dapat melaporkan SPTnya menggunakan e-filing, terlebih dahulu WP harus mendapat e-FIN dari KPP.

    Komentar oleh zaki | Maret 25, 2008 | Balas

  4. Saya mempunyai klien dia baru menggunakan program ESPT bulan januari sih tiak masalah trs muncul masalah setelah bulan februari. Yaitu melakukan format laporan ke KPP data nya ngak bisa dibaca sama orang KPP karena filenya cuma 4kb tapi dikomputer klien saya ngak ada masalah. Bisa tolong kasih penjelasan kenapa begitu

    >> mungkin burn CD-nya bermasalah -jika menggunakan CD- atau filenya terkena virus. atau loader KPP yang bermasalah. mungkin juga file CSVnya pernah dibuka.

    Komentar oleh Muhammad Arifin | Mei 27, 2008 | Balas

  5. Mba, boleh tahu dasar hukum (SE, Per, dsb) ttg kewajiban menggunakan e-spt bagi WP yg melaporkan SPT PPN dengan faktur pajak lebih dari 30?
    makasih…
    ^_^

    >> PER-146/PJ/2006 tanggal 29 September 2006. Pasal 1 ayat (3) huruf b.

    Komentar oleh martin | Desember 9, 2008 | Balas

  6. Mba’…..mo nanya nich kalau dalam setahun kerja di dua perusahaan dan bulan terakhir tidak bekerja…bagaimana ya cara pelaporan pajaknya? Terima kasih ya…:)

    >> Mestinya penghasilan dari pemberi kerja pertama dikumulatif dg penghasilan dari pemberi kerja kedua, begitu pula pajak yang telah dipotong. Pelaporan biasa aja sih.

    Komentar oleh ata | Januari 13, 2009 | Balas

  7. Installer eSPT Tahunan – nya gak bisa di download mbak….????

    Komentar oleh taryono aji | Maret 12, 2009 | Balas

  8. Mbak, saya sudah download eSPT PPh Orang Pribadi 1770S Versi 4, tapi menurut manual booknya bisa untuk multi NPWP tp kenyataannya saya coba beberapa kali belum berhasil, mohon bantuannya dong….terima kasih.

    Komentar oleh muhadir | April 23, 2009 | Balas

  9. Saya dapet eSPT OP versi 4 dari DJP…., tapi saya orang pajak gak tau juga tuh…, kebetulan kami pegawainya banyak…jadi bermaksud untuk buat multi NPWP???

    Komentar oleh muhadir | April 23, 2009 | Balas

  10. Mba skr sudah ada yg versi 20.03.2009
    tapi knp ya waktu mengisi SSP kode jenis setorannya tidak bisa diisi …?

    Komentar oleh Rio haryanto | April 27, 2009 | Balas

  11. mba tri.. saya coba instaler espt update 20/03/2009 tapi pph terutangnya belum mengakomodir yang tarif 28% hasilnya masih yang tahun 2008 (10%,15%,30%) apakah sudah ada espt tahunan yang tarif tunggal???? toong kasih tau dooong.. makasih.

    Komentar oleh Acho | Desember 15, 2009 | Balas

  12. terima kasih banyak atas link utk download program versi 3-nya.

    di website pajak yg tersedia saat ini hanya versi 3.1. saya install versi ini, ternyata bermasalah. saat mengisi lampiran A1, kolom2 nilai yang seharusnya otomatis terisi ternyata tidak terisi. selain itu saya juga tidak bisa import data lampiran A1 (padahal file csv yg coba diimport adalah file contoh dari program ini sendiri).

    akhirnya saya downgrade ke versi 3. dan ternyata masalah2 tersebut hilang.

    thx once again for the link!

    Komentar oleh tukang ngartuni foto | Desember 15, 2010 | Balas

  13. tulisannya sangat bagus mba, lanjutkan

    Komentar oleh setianing | Maret 24, 2011 | Balas

  14. orang orang pajak gimana …nih.. masakkkkkkk instansi segede itu ngerilis program perhitungan pajaknya.. ERRROR apa emang di buat ERRRORRR buat nambah nambah kerjaan……

    Komentar oleh Dono | April 20, 2011 | Balas

  15. mau tanya kenapa pass aku buka program pajak espt ppn 1111 selalu mengelurakan pesan dont send,klo aku liat di iven viewernya itu runtime 2.0 eror bagai mana cara mengatasinya ya boleh sharing donk.

    >> Belum pernah ketemu kasus seperti ini. mungkin bisa ke ARnya untuk dibantu solusinya.
    Maaf ga bisa bantu.

    Komentar oleh aray | Oktober 5, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 188 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: