Triyani’s Weblog

Tax Blogging and Sharing

Video tentang Cara Pengisian SPT

Semua formulir perpajakan, pada umumnya dilengkapi dengan petunjuk tentang tata cara pengisiannya, entah berupa buku petunjuk yang diterbitkan terpisah maupun langsung dicantumkan di bagian bawah/halaman belakang dari formulir tersebut. Meski telah dilengkapi dengan petunjuk pengisian, namun kebanyakan kita (terutama saya) cenderung malas membaca :)

Apakah Anda juga ‘malas’ membaca buku petunjuk (seperti saya :P ), jangan khawatir, Anda tetap dapat mempelajari cara pengisian SPT dengan menonton video yang telah disediakan oleh DJP.

Saya senang, karena DJP telah menyediakan Video instruksional tentang cara pengisian SPT, baik SPT  tahunan form 1770-S, form 1770, form 1771 maupun  SPT Masa PPN.  Mau lihat video tersebut, silahkan klik http://www.pajak.go.id/index.php?option=com_expose&Itemid=130

Agustus 28, 2008 - Posted by | Iseng, Pajak, Pajak lainnya

19 Komentar »

  1. Mbak,

    Bisa diunduh gak seh? Makasih.

    >> aku blm coba download sih mba.

    Komentar oleh Lena | Agustus 30, 2008 | Balas

  2. bisa di di download gak sih

    Komentar oleh mualip | November 6, 2008 | Balas

  3. mba..punya buku petunjuk pengisian SPT tahunan PPh WP (1771)badan ga? softcopy english version,

    atasan saya expatriate, dia pengen baca..saya di suruh translate 1 buku itu..mabook..

    makasih..

    >> Expatnya suruh belajar bahasa indonesia aja :)

    Komentar oleh dian | Januari 12, 2009 | Balas

  4. Cara member blog pajak dan bisa ikut acara Ibu

    >> Maksudnya?

    Komentar oleh Heri Romli | Januari 30, 2009 | Balas

  5. videona bisa disedok gak mbak…?

    >> Kayaknya ga bisa :(

    Komentar oleh Yanto | Februari 4, 2009 | Balas

  6. Assalamu’alaikum wr,wb.

    Mbak. saya mau minta form isian sptnya. boleh. formatnya pake word aja agar mudah mengisinya.

    Terima kasih

    >> Maaf, saya ga punya pak.

    Komentar oleh asep sunarya | Februari 10, 2009 | Balas

  7. saya membaca aturan direktorat pajak mengenai Penyampaian SPT salah satu ketentuannya:
    Sebagian WP terima perpanjangan sunset policy yang isinya adalah berdasarkan ketentuan, WP lama yang ingin memanfaatkan fasilitas sunset policy harus menyampaikan SPT tahunan PPh tahun pajak 2006 dan sebelumnya paling lambat 31 Desember 2008 serta melunasi seluruh pajak yang kurang dibayar yang timbul sebagai akibat dari penyampaian atau pembetulan SPT.Sedangkan saya baru memiliki NPWP tahun 2008,jd mohon penjelasannya mulai tahun berapa saya harus menyampaikan SPT&membayar kewajiban saya.Saya menerima folmulir 1770,Saya bekerja dg membuka usaha sendiri.

    terima kasih…

    >> Karena Anda terdaftar di tahun 2008, Anda berhak untuk memanfaatkan fasilitas sunset policy dengan membetulkan/ melaporkan SPT Tahunan tahun 2007 dan sebelumnya paling lambat 31 Maret 2009.
    yang menentukan sejak kapan pada dasarnya Anda sendiri, misalnya : mulai sejak Anda melakukan kegiatan usaha tsb, atau sejak 1999 (tahun pajak yg belum kedaluwarsa).

    Komentar oleh usep deni | Februari 17, 2009 | Balas

  8. sy karyawan yayasan dan saya buat npwp september tahun 2008, tapi yayasan saya tempat bekerja tidak punya npwp, sekarang ini sya bingun mengisi spt tahunan, mohon penjelasan bpk.

    >> Seharusnya penghasilan Anda dipotong PPh 21 oleh Yayasan, kemudian Anda melaporkan penghsilan tsb dalam SPT tahunan, menggunakan form 1770-S atau SS. Karena yayasan belum mempunyai NPWP dan tentunya jg tidak memotong Pph 21 atas penghasilan Anda, maka PPh yang terutang atas penghasilan Anda harus dibayar dan disetor sendiri.

    Komentar oleh triyono | Februari 26, 2009 | Balas

  9. mbak permisi mo’ nanya nich (pastinya ttg pajak), sebetulnya sich pjg uraiannya tp cb sy singkat sj, sbb:
    1. sy menangani pelaporan perpjkan sebuah lembaga penelitian, pada tahun ini mendapatkan 2 penelitian hibah (yg sy tahu hibah bkn obyek pajak), yg satu selesai pd des’08, tp yg pembayaran pph 21 atas honorarium tenaga penelitinya baru dibayar pada jan’09 dan tdk diberitahukan kpd sy, shg lap blnan tetap sy laporkan nihil, apakah dilakukan pembetulan? dan masuk pembetulan bulan apa?
    2. utk spt tahunan, apakah sy berkewajiban melampirkan lap keu-nya mengingat penelitian tsb bersifat hibah.
    trm ksh byk atas bantuannya

    Komentar oleh rizal | Maret 11, 2009 | Balas

  10. Mo nanya ya,
    Saya WNI yang sedang tugas di LN, Penugasan ini dalam tempo yang lama yakni 2 tahun.
    Saat ini status kepegawaian saya adalah di perusahaan Indonesia, jadi saya juga masih menerima gaji seperti biasa. Sedangkan untuk keperluan hidup di LN saya mendapat allowance.
    Pertanyaan:
    Saat pelaporan SPT tahunan, apakah penghasilan luar negeri ini perlu dilaporkan. Sebagai informasi di LN kita juga sudah membayar pajak.

    Thanks

    Komentar oleh Aris | Maret 17, 2009 | Balas

  11. mba kita udah coba buka dari internet explorer untuk melihat video nya ngak blh. atau bagusnya dilihat dari mana? dari opera kah atau mozila?

    >> Saya pakai mozilla.

    Komentar oleh roni sitompul | Maret 19, 2009 | Balas

  12. Mba saya mau nanya dong!saya punya PT. masih belum aktif tapikan harus ada laporan pajak ntahunan saya bingung untuk pengisian perusahaan yg masih blm aktif trus neracanya seperti apa!

    Komentar oleh santi | Maret 20, 2009 | Balas

  13. Mba saya mau tanya,kalau saya punya NPWP Bendahara BOS (dana pendidikan dari pemerintah)lapor spt tahunannya bagaimana ? apakah nihil

    Komentar oleh rizky | April 15, 2009 | Balas

  14. maaf mba, videonya bisa di download ga ya???
    soalnya saya bingung cara pengisiannya gimana…
    terima kasih.

    Komentar oleh vina | Maret 6, 2010 | Balas

  15. cara bikin neracanya juga gimana???

    Komentar oleh vina | Maret 6, 2010 | Balas

  16. mbak bs mnt tolong d krim video cara pengisian SPT saya mau download tp enggak bs, soalny ada tugas.thank sebelumnya

    Komentar oleh fitri | Mei 12, 2010 | Balas

  17. mbak, aku kok ga bisa lihat vidoe petunjuk pengisian spt 1770 nya, gmana caranya?
    trims.

    Komentar oleh yayan | Agustus 3, 2010 | Balas

  18. yang mana mba videonya?
    sy cari2 ko g ada?

    Komentar oleh fajar | April 8, 2011 | Balas

  19. mbak, saya mau tanya…..
    saya baru mendirikan perusahaan bulan maret 2011, perusahaan saya bergerak di bidang jasa training.
    saya mau buat laporan pajak tahunan, kebetulan sekarang sudah bulan maret 2012, saya akan melaporkan pajak tahunan perusahaan saya.
    mbak, tolong bantu saya, contoh cara pembuatan Laporan Pajak Tahunan, beserta lampiran – lampiran atau berkas-berkas yang harus dilaporkan. (klo bisa secepatnya ya mbak…)
    atas perhatian dan kerjasamnya saya ucapkan terimakasih.

    Komentar oleh Nuri | Maret 8, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 184 pengikut lainnya.

