Triyani’s Weblog

Tax Blogging and Sharing

Juklak PPh 21 PER-31/PJ./2009

Telah terbit PER-31/PJ./2009 tgl 25 Mei 2009 tentang entang Pedoman Teknis Tata Cara Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 dan atau Pajak Penghasilan Pasal 26 sehubungan dengan Pekerjaan, Jasa dan Kegiatan Orang Pribadi

File bisa didownload dari siniatau langsung dari web pajak.go.id

Telat posting .. itupun belum sempet buat resume.. baru sempet komen2 di FB :D

About these ads

Mei 27, 2009 - Posted by | Aturan Lainnya, PPh Pasal 21/26 | , ,

19 Komentar »

  1. saya senang dapat informasi adanya peraturan terbaru pajak, tapi sayang tipa kali download ke pajak untuk dapat detailnya selalu putus. tolong bu kedepan bisa di download dari sini
    terim aksih

    >>Thx. Sering error karena size filenya lumayan besar.. butuh waktu dan kecepatan yang tepat utk download file tsb

    Komentar oleh Muryono | Mei 27, 2009 | Balas

  2. Mbak, sepertinya ada yang bertentangan dengan KMK yang diatasnya ya, untuk masalah pemotongan PPh 21 tenaga ahli.

    >> Ketika baca pertama jg itu pendapatku, dan sejak Jan 2009 yang dilakukan WP pada umumnya memotong PPh 21 tarif progresif x Ph Bruto sesuai PMK-nya.
    Tapi keluar PER-31 ini menyebutkan 50%. Yang Lebih potong selama ini mesti diapain -Pbk, or kompensasi, apa perlu ganti bukti potong apa enggak dst..jg blm jelas gitu- tapi yaa peraturannya sekarang bilang Tarif pasal 15 x Jumlah kumulatif 50% Ph Bruto..ikutin aja lahh.. daripada pusing mikirin kebijakan :D
    Tapi hmmm.. sejujurnya, secara pribadi saya sih seneng potongan pajakku lebih kecil gitu hehehehe….

    Tarif PPh 21 Final jg sampai mid year begini ga ada kabar beritanya.. mungkin tunggu presiden baru kali :P

    Komentar oleh Christian | Mei 27, 2009 | Balas

  3. mantab juga, lengkaplah dapat ilmu hari ini

    tx

    >> Amin

    Komentar oleh sevi | Juni 1, 2009 | Balas

    • semoga bermanfaat … amiiin

      Komentar oleh Jabon | Juli 31, 2010 | Balas

  4. Masalah pesangon kenapa tidak di jelaskan ya tata cara penghitungannya ?

    >>Iya, PP dan PMK-nya sampai sekarang blm ada juga. Presidennya sibuk kampanye jd lupa nerbitin PP baru ttg PPh 21 Final kali :D

    Komentar oleh Aries | Juni 1, 2009 | Balas

  5. Yth. Mba’Tri,

    Mohon pencerahan… untuk Jasa Penerjemah yang berbentuk CV tarifnya berapa persen ya Mba’?
    Dan masuk ke PPH 23 atau PPH 21 ?
    Terima kasih

    Komentar oleh Sumarno | Juni 4, 2009 | Balas

  6. Truz utk pesangon apakah tetep memakai peraturan yg lama??? Klo tidak salah di peraturan lama tdk disebut tarif psl 17,, tpi disebutkan lapisan tarifny yg sama dgn pasal 17 yg lama… Apakah yg dipake berarti tarif sesuai peraturan yg lama??? Ato disesuaikan dgn tarif PPh OP terbaru???
    Oiy,, setelah sy baca ada perbedaan antara Perdirjen 31 n PMK 252 mengenai PKP untuk bukan pegawai??? Itu pake yg mana y??? Apakah mesti pake Perdirjen krna aturanny lebih baru???

    Komentar oleh Dikky | Juni 8, 2009 | Balas

    • kalau saya belum mahir banget soal ini soalnya saya kan gak bidangnya ,,,,,

      Komentar oleh Jabon | Juli 31, 2010 | Balas

  7. tes…tes…

    Komentar oleh wahyu | Juni 10, 2009 | Balas

  8. ada yang punya buku atau makalah pph 21 yg terbaru g yaw?

    Komentar oleh wahyu | Juni 10, 2009 | Balas

  9. Mbak Saya mau tanya, saya seorang guru swasta yang juga merupakan wajib pajak. Kami sering mendapatkan bantuan dana ujian nasional dimana setiap honor berupa uang yang diterima selalu dipotong 15%. Setahu saya potongan 15 % hanya Yang saya mau tanyakan apakah tarif itu untuk semua wajib pajak atau hanya untuk pegawai negeri saja karena uang yang dipergunakan bersumber dari APBN atau APBD. Terimakasih semoga ada pencerahaan buat kami.

    Komentar oleh Ponto Meres | Juni 27, 2009 | Balas

  10. hallo mba triyani, salam kenal
    mba aku ada kesulitan menggolongkan karyawan tetap yang mendapatkan honorer kalo ada project di luar. nah honerer seperti itu masuk ke mana ya mba????
    trimakasih.

    >> Honor2 tambahan yang diterima karyawan, perhitungan PPh 21-nya digabung dg Gaji dan tunjangan rutin lainnya.

    Komentar oleh nia | September 15, 2009 | Balas

  11. salam kenal, sy mau tanya mbak. dealer sepeda motor ketika jual spd motor dalam harga jual termasuk BBN.Bagaimana menghitung ppn keluarannya.misl. harga jual spd motr “A” rp.13.500.000,- (hrg konsumen), termasuk didlmnya BBN Rp.1.625.000,-.klau sy hitung gimini bgmn ya mbak?
    harga jual (konsumen) Rp.13.500.000,-(prise list)
    BBN Rp. 1.625.000,-
    hrg jual motor kosongan Rp.11.875.000,-
    potongan harga Rp. 500.000,-
    Harga jual stl potongan Rp.11.375.000,-
    DPP ((100/110)xrp.11.375.000,-)& PPN (10%xDPP)

    >> Bea balik nama ini besarnya sama dengan biaya yang dibayarkan ke samsat dan tidak ada mark-up khan?
    Jika iya, maka DPP PPN adalah sebesar nilai penyerahannya (tidak termasuk BBN), sehinga perhitungan tsb sudah benar.

    Komentar oleh thoyib | November 14, 2009 | Balas

  12. Mba, saya baru sekali baca blog mba. Saya mau tanya boleh? Untuk bonus/komisi yang sifatnya tidak teratur untuk pegawai tetap, cara penghitungan PPh 21 nya bagaimana ya mba?
    Contohnya gaji bulanan Rp. 5.000.000
    Ada bonus triwulan sebesar Rp. 3.000.000
    Kemudian ada komisi tidak tetap yang diterima di bulan Mar 2010 Rp. 40.000.000 (karyawan tersebut berhasil dapat tender)
    Berapa pajak terhutangnya untuk bulan Mar tsb mba? Terima kasih banyak sebelumnya.

    Komentar oleh Santi | Maret 12, 2010 | Balas

  13. assalamualaikum mb,
    saya tenaga kontrak di dinas pertanian kab. sragen.kontrak saya 10 bulan tiap tahunnya.ini sudah bulan ke 3. dulu saya mendapat pajak sebesar 5% dari gaji saya 1.400.000,- per bulan. saya wanita belum menikah. tahun ini menurut bendahara provinsi jawa tengah pajak yang saya tanggung sebesar 15 %.mana yang benar y mb? mohon bantuannya dan dasar yang dipakai ap? terimaksih. mohon jawaban segera.
    wasalam

    Komentar oleh qoyimah | Mei 15, 2010 | Balas

  14. mba bagaimana perhitungan pph 21 untuk gaji karyawan, yang gajinya naik di pertengahan tahun berjalan

    contoh gaji dari jan-mei= Rp 2.000.000 dan gaji pada bulan juni naik menjadi Rp 3.500.000.

    Komentar oleh nanang | Juli 6, 2010 | Balas

  15. Saya mau tanya lagi mbak, kali ini mengenai PPh pasal 21, Mungkin ada rekan2 yg mau kasih komentar & mau membantu…trima kasih sebelumnya.

    Begini, Perush tempat sy bekerja, memberikan komisi kepada marketingnya (karyawan tetap) jumlahnya tidak tetap setiap bulan, bahkan kadang2 ada yang gak dapet sebagai contoh gini

    Kyw. A Gaji Per Bulan = Rp. 2.000.000 (PPh 21 di tanggung perush, tapi bukan dicatat sebagai tunjangan pph 21

    Komisi Bln Jan’2010 = Rp. 1.500.000 (Kyw dipotong Pph 21= 5%)
    Komisi Bln Feb’ 2010 = Rp. 0
    Komisi Bln Maret’ 2010 = Rp. 500.000 (Kyw dipotong Pph 21= 5%)
    Komisi Bln April’ 2010 = Rp. 0
    Komisi Bln Mei’ 2010 = Rp. 1.000.000 (Kyw dipotong Pph 21= 5%)

    Menurut Mbak Tri, apakah sebaiknya atas komisi karyawan tersebut dibuatkan bukti potong PPh 21 nya ? Atau bagaimana…mbak? bingung… nich…mohon penjelasannya…trims

    Komentar oleh Erick | Juli 8, 2010 | Balas

  16. eh ppn ada yang tau artinya gak ….?

    Komentar oleh Jabon | Juli 31, 2010 | Balas

  17. Aslmkm mba tri..

    salam kenal.. :), Mau tanya mengenai pajak penghasilan atas uang penghargaan masa krja yang akan di trma kry krn mengundurkan diri. Gini cth kry A mndpt uang penghargaan sbsr 70 jt , tetapi jmlh tersebut akan d bayar scr bertahap. yaitu bulan des sbsr 50 juta dan sisanya maks 3 blan slnjtnya.
    pertnyaanya bagaimana perhitungan PPH 21 finalnya ? dan bgiman saya isi pdlaporan eSPT Masa Des ?
    Mohon bantuannya mba… terima kasih dan wslm.

    Komentar oleh Endah | November 11, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 182 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: