Triyani’s Weblog

Tax Blogging and Sharing

Seorang Kuasa Pajak Harus memiliki Izin Praktek Konsultan Pajak.

Seorang Kuasa Pajak Harus memiliki Izin Praktek Konsultan Pajak.

Kemarin sore (11/11/05) lagi iseng browsing sambil nunggu ujan reda sebelum pulang kantor, suprised banget liat ada peraturan Menteri Keuangan baru yang mengatur tentang Syarat seorang Kuasa Pajak dan juga tentang Konsultan Pajak Indonesia. Alhamdulillah, ketika melihat detail aturan tersebut sangat mendukung profesi saya sebagai Konsultan Pajak Berlisensi… :). Maklumlah selama ini sering muncul berbagai pertanyaan tentang apa gunanya punya ijin praktek konsultan, krn cukup dengan mempunyai brevet negara sudah bisa menjadi kuasa wajib pajak untuk menjalankan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Lebih terkejut lagi (dan sekaligus bersyukur….hehehehe…), karena sebelumnya saya baru saja mengambil keputusan penting dalam pekerjaan saya (see previous posting dg judul “ganti email”). Dengan melihat aturan baru tsb, saya menjadi lebih yakin bahwa apa yang saya putuskan memang keputusan yang terbaik buat saya.

Berikut ini kutipan aturannya :
———
PERSYARATAN SEORANG KUASA UNTUK MENJALANKAN HAK DAN MEMENUHI KEWAJIBAN MENURUT
KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN PERPAJAKAN; berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No 576/KMK.04/2000 sebagaimana terakhir telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan No 97/PMK.03/2005).

1. Wajib Pajak dapat menunjuk seorang Kuasa yang bukan pegawainya dengan suatu Surat Kuasa Khusus untuk menjalankan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan

2. Kuasa sebagaimana dimaksud pada point 1 harus memenuhi syarat sebagai berikut:

a. menyerahkan Surat Kuasa Khusus asli dengan ketentuan 1 (satu) Surat Kuasa berlaku untuk 1 (satu) jenis pajak dan 1 (satu) tahun/masa pajak dengan format sebagaimana ditetapkan dalam Lampiran I Peraturan Menteri Keuangan tsb dan menyerahkan Surat Pernyataan dengan format sebagaimana ditetapkan dalam Lampiran II Peraturan Menteri Keuangan tsb;
b. memiliki ijin praktek sebagai Konsultan Pajak; dan
c. tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana di bidang perpajakan atau tindak pidana lain dibidang keuangan negara.”
———-

So, bagi anda yang ingin menunjuk pihak ketiga sebagai kuasa untuk mewakili dalam memenuhi hak dan kewajiban perpajakan jangan ragu-ragu untuk contact saya. Karena sudah memenuhi syarat sesuai dg peraturan menteri keuangan yang baru tsb 🙂

Salam,
Triyani
Registered Tax Consultant.
License : SI-1008/PJ./2004

Iklan

Agustus 27, 2007 - Posted by | Ketentuan Umum Perpajakan, Pajak, Pajak lainnya | ,

4 Komentar »

  1. Saya ingin sekali memiliki ijin praktek sebagai konsultan pajak. Sebagai informasi saat ini saya sebagai dosen akuntansi di PTS Palembang, dan pernah kursus brevet A dan Brevet B di Palembang.
    Pertanyaan saya : bagaimana prosedur untuk mendapatkan ijin tsb. dan dimana saya dapat informasi lengkapnya.
    Apakah bisa dilakukan di Palembang?
    Terimakasih

    Hormat saya,
    Delfi Panjaitan

    Komentar oleh Delfi Panjaitan | Juni 19, 2008 | Balas

  2. Untuk mendapatkan ijin menjadi konsultan pajak, maka ybs hrs memiliki Brevet pajak yang didapat melalui Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP). Menurut info ujian sisipan USKP akan dilaksanakan bulan Agustus 2008.

    Bagi teman-teman yang berencana menjadi konsultan pajak, dapatkan informasi lengkap seputar Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP)berupa:
    Pedoman Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak
    Informasi Ringkas Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak
    Tips Sukses Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP)
    Kode Etik Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI)
    Organisasi Ikatan Konsultan Pajak Indonesia.

    Klik:
    http://forumpajak.blogspot.com/search/label/USKP

    Komentar oleh Rudi | Juli 2, 2008 | Balas

  3. mbak…, salam kenal yah..!
    aku mau tanya niy mbak, kalo sudah lulus USKP A, apakah bisa langsung mengurus surat ijin utk buka praktek Konsultan Pajak, atau harus lulus sampe USKP C dulu baru bisa ngurus surat ijin prakteknya mbak…??

    Komentar oleh zendy | November 12, 2008 | Balas

  4. Bila Demikian Bgi WP Kecil merasa mundur duluan karena perusahaan kecil kalau pake konsultan resmi udah takut kemahalan. jadi aja banyak yang flat hitam asalkan mereka mampu di pajak

    Komentar oleh rudi | Juli 20, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: