Triyani’s Weblog

Tax Blogging and Sharing

WPOP Karyawan berubah status menjadi Pengusaha

Saya menerima pertanyaan berikut ini via email dari salah seorang ‘fren’ saya di FS:

“Jika saya karyawan dan sudah memiliki NPWP, yang tiap tahunnya lapor
dengan formulir 1770-S. Nah, kemudian misalnya saya mempunyai usaha lain, katakanlah toko yang dikelola oleh istri. apakah saya perlu melaporkan nya ke kantor pajak atau tidak? Dalam arti apakah saya bisa langsung lapor SPT Masa perbulan dan memakai formulir 1770 ataukah saya harus semacam konfirmasi dahulu ke kantor pajak ya? “

Jawaban Saya:

Atas terjadinya perubahan status tersebut, dari WPOP yang tidak menjalankan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas (WPOP karyawan) menjadi WPOP yang menjalankan kegiatan usaha (WPOP Pengusaha) sebaiknya diinformasikan ke kantor pajak.

pemberitahuan perubahan status tsb dapat dilakukan dengan cara mengisi dan menyampaikan form pendaftaran dan pemutakhiran data (KP.PDIP.4.1-00) . Silahkan isi angka 5 dalam form tsb dengan memilih status usaha pusat, cabang atau tunggal dan mengisi jenis usaha atau pekerjaan bebas.

Dengan adanya perubahan status dari semula WPOP karyawan menjadi WPOP pengusaha, maka akan diikuti perubahan dalam kewajiban perpajakan yang harus dilakukan WPOP tsb.

Formulir SPT Tahunan yang digunakan bagi WPOP pengusaha adalah form 1770.

Link terkait berikut ini semoga bisa menjadi bahan referensi tentang kewajiban pajak bagi WPOP pengusaha maupun WPOP karyawan:

– Kewajiban pajak bagi WPOP Pengusaha

– Kewajiban pajak bagi WPOP Karyawan

Catatan :

saya pernah beberapa kali menerima pertanyaan yang senada.. baik dari peserta brevet yang pernah saya isi maupun dari kolega yang merupakan WP baru. sayangnya jawaban atas pertanyaan tsb jarang saya simpan baik di archieve sent item maupun dalam bentuk lainnya… 😦

wahh udah berapa banyak yahh jawaban atas pertanyaan pajak yang aku tulis (baik reply email japri maupun milis?)… aku pikir sayang juga kalau ga disimpen… karena sekarang aku mulai rajin buka blog lagi.. 😛 maka jawaban pertanyaan ini aku simpan di blog. supaya kalau ada yang butuh informasi senada bisa segera memperoleh jawaban.

Semoga bermanfaat

Salam,

Triyani

November 12, 2007 - Posted by | Pajak, PPh Orang Pribadi | , , ,

2 Komentar »

  1. Wah kalau UKM cenderung belum masuk kewajiban untuk bayar pajak, tapi karena punya usaha dan wajib punya NPWP jadi punya kewajiban lapor, Gimana ya cara supaya gak membebani UKM Micro lapor tiap bulan….

    Salam,
    Cak Arif
    arifmalik.wordpress.com

    Komentar oleh Cak Arif | November 23, 2007 | Balas

  2. Saya memiliki usaha jasa pijat refleksi dengan karyawan enam orang dengan penghasilan bersih 5 juta/ bulan. bagaimana cara menghitung pajak saya.saya berstatus janda anak 3. apa saja yang sertakan dalam pelaporan tahunan pajak saya selain laporan perbulan.terima kasih banyak sebelumnya mbak semoga sukses selalu

    Komentar oleh Sari | Desember 5, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

