Triyani’s Weblog

Tax Blogging and Sharing

Fiskal Luar Negeri 2009 – 2010

Jika posting sebelumnya masih ‘hanya’ berdasarkan siaran pers resmi DJP, maka sekarang telah terbit Peraturan Dirjen Pajak No. PER-53/PJ./2008 tanggal 31 Desember 2008 yang mengatur tentang Tatacara Pembayaran, Pengecualian Pembayaran dan Pengelolaan Administrasi Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang akan bertolak ke Luar Negeri.
File PER DJP bisa didownload di sini atau di website DJP.

Yang perlu diingat adalah PER 53 ini berlaku selama 1 Jan 2009 sampai dengan 31 Des 2010.

Mulai 1 Jan 2011 tidak ada lagi kewajiban membayar Fiskal Luar Negeri, kecuali ada aturan lain🙂

Update (09-01-09) :

PER-01/PJ./2009 tentang perubahan PER-53/PJ./2008

SE-86/PJ./2008 tentang Pengantar PER-53/PJ./2008

SE-01/PJ./2009 tentang Pengantar PER-01/PJ./2009

Januari 2, 2009 - Posted by | Pajak, PPh Orang Pribadi, UU dan aturan pajak | , , ,

7 Komentar »

  1. Mba kalo PP 80 Tahun 2008 dah punya lum?
    di cari di Web DJP n Setneg ko lum ada….
    kalo dah punya share dong mba.. ‘o)
    Makasih sebelumnya…

    >> PPnya blm punya jg.. tapi yaa saya percaya aja yang sudah tertulis di PER-DJP, toh itu tatacara lebih detailnya🙂

    Komentar oleh Taufiq | Januari 3, 2009 | Balas

  2. Mbak,
    Saya sudah dapat/temukan tabel norma modul pph op. (Lampiran I Keputusan Dirjen Pajak Nomor : KEP -536/PJ./2000
    Tanggal : 29 Desember 2000). Apakah masih berlaku ? Thanks.

    >> Utk th 2008 sih masih.

    Komentar oleh Jus | Januari 10, 2009 | Balas

  3. Saya adalah seorang suami yang belum mempunyai NPWP, tetapi istri saya telah mempunyai NPWP.

    Dalam waktu dekat ini saya dan keluarga akan berlibur ke LN, yang menjadi pertanyaan :

    1. Apakah saya dapat bebas fiskal dengan menggunakan NPWP istri???

    2. Bolehkah penghasilan saya digabung dengan penghasilan istri dan dilaporkan di SPT istri???

    Makasih atas perhatiannya……

    Komentar oleh Adi | Februari 1, 2009 | Balas

  4. mbak, sy mau tanya info tentang biaya pembayaran fiskal keluar negri Rp 2,5 jt via udara apakah sudah mulai diberlakukan pada januari 2010 ini? kl belum ,mohon info dimulainya peraturan baru tsb,trimakasih

    >> Sudah sejak 2009 ini khan, th 2010 masih jg. Wajib bayar fiskal bagi yang tdk berNPWP.

    Komentar oleh chiched | Oktober 14, 2009 | Balas

  5. Halo mba Triyani, terimakasih atas informasi nya, ada yg saya ingin tanyakan bila mba Triyani mengetahui dimanakah bisa didapatkan Surat Keterangan Susunan Keluarga Pendatang (SKSKP)?! apakah dari catatan sipil atau dari rt/rw setempat?!.. dan apakah yang dimaksud dengan dokumen lain, dalam hal ini, selain skskp dapat digantikan dengan akte nikah!? terima kasih sebelumnya..

    Komentar oleh vanny | Maret 19, 2010 | Balas

  6. trims infonya. Sgt bermanfaat.

    Komentar oleh Indah Perwati | Juli 15, 2010 | Balas

  7. mb, saya sudah membaca semua dari link yg mb kasih. Tp saya masih bingung. Saya berumur 21 tahun, mahasiswa n mau bepergian ke luar negeri. Apakah saya masih bisa bebas fiskal dengan menggunakan NPWP papa saya??

    Komentar oleh agnes | Oktober 4, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

