Triyani’s Weblog

Tax Blogging and Sharing

Mau Majalah InsideTax Gratis?

Dapatkan Inside Tax Edisi Khusus secara gratis dengan cara mengirimkan nama lengkap, Pekerjaan/Jabatan, nama perusahaan tempat bekerja, alamat tempat tinggal/kantor, dan no telepon pribadi/kantor, ke alamat email: insidetax@dannydarussalam.com.

Tersedia untuk 100 pengirim pertama s/d 31 Januari 2014.

Inside Tax 18 (Website) hal-1 Inside Tax 18 (Website) hal-134-35 sofjanwanandi

INSIDE GREETINGS

Komunitas Pajak yang terhormat,

Di penghujung tahun 2013 ini, kami mengucapkan: Selamat Natal dan Tahun Baru 2014. Sebagai hadiahnya, kami sengaja mengubah Edisi 18 ini menjadi suatu Edisi Khusus. Kata ‘khusus’ yang tersemat di muka majalah memang mencerminkan isi dari edisi kali ini.

Idenya sederhana saja. Hingga saat ini, belum ada media di Indonesia yang secara khusus menyusun potret perpajakan selama tahun sebelumnya, sekaligus menyajikan mengenai apa-apa yang diperkirakan akan terjadi di tahun sesudahnya. Anehnya, isu pajak bahkan tidak diulas secara spesifik oleh media-media terkemuka di Indonesia dalam laporan tutup tahunnya. Pajak terpinggirkan dalam menu sarapan informasi masyarakat. Ironis, karena pajak merupakan urat nadi pembangunan di Indonesia yang menyumbang lebih dari 70% pendapatan negara,

Kata ‘khusus’ juga mewakili upaya tim redaksi dalam membawa suara-suara para pemangku kepentingan di sektor perpajakan, mulai dari suara pemerintah, sektor hukum, Wajib Pajak, akademisi, praktisi, hingga para pengamat. Tidak tanggung-tanggung, kami menyuguhkan pandangan 19 tokoh dari dalam dan luar negeri. Mereka memaparkan outlook, dan tantangan perpajakan di tahun 2014, sekaligus juga refleksi atas tren yang terjadi selama beberapa tahun terakhir, khususnya tahun 2013. Atas nama redaksi Inside Tax, saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan tokoh-tokoh tersebut dalam membagi perspektifnya dengan jernih, cerdas, dan gamblang.

Berbeda dengan edisi lainnya, Inside Tax edisi khusus ini tidak menyertakan kolom-kolom yang biasanya hadir di depan para pembaca, seperti: inside court, inside regulation, inside library, dan sebagainya. Kali ini, hanya ada tiga artikel dari meja redaksi. Satu artikel merupakan pengantar yang merangkum rapor 2013 dan proyeksi 2014 sebagai appetizer. Dua artikel lainnya merupakan hasil kajian Tim Riset DANNY DARUSSALAM Tax Center tentang proyeksi perhitungan penerimaan pajak di 2014 dan studi empiris tentang peran semi-autonomous revenue authority bagi kinerja pajak. Selain itu, pada edisi khusus ini kami banyak menyertakan data dan indikator perpajakan untuk membantu pembaca dalam memahami tren, outlook, dan tantangan perpajakan di Indonesia.

*****

Tahun 2013 diwarnai dengan banyak peristiwa penting, sayangnya masih berkutat pada persoalan yang itu-itu saja. Walau demikian, selalu ada hikmah di balik seluruh peristiwa yang sekiranya bisa dijadikan bekal untuk melangkah ke tahun depan. Jika saya boleh menyodorkan tiga kata penting yang dapat mewakili kilas balik 2013 dan proyeksi 2014, maka itu adalah: ketidakpastian, ketidakpastian dan ketidakpastian. Dunia perpajakan di Indonesia diwarnai dengan ketidakpastian hukum, ketidakpastian situasi ekonomi, ketidakpastian kebijakan pajak, serta ketidakpastian politik. Situasi yang penuh ketidakpastian tersebut jelas menciptakan lingkaran persoalan yang sulit dipecahkan.

Tahun 2014 pada hakikatnya adalah momentum untuk melakukan melakukan pembenahan. Dunia pajak Indonesia tidak dapat lagi dipandang dengan kacamata yang biasa-biasa saja, dipikirkan dengan pengetahuan yang biasa-biasa saja, dan digeluti dengan energi yang biasa-biasa saja. Kita membutuhkan terobosan-terobosan yang selaras dengan tuntutan ekonomi, dipimpin oleh kemauan politik yang kuat, didukung suara rakyat, serta adil dan transparan.

Akhir kata, selamat menyongsong 2014 dengan semangat untuk membenahi perpajakan Indonesia kita tercinta. Hal ini bisa dimulai dari duduk bersama dan berdiskusi, namun harus diakhiri dengan komitmen dan suatu aksi.

 

Tabik,

B. Bawono Kristiaji

Januari 21, 2014 - Posted by | Adv. Seminar, Pajak | , ,

2 Komentar »

  1. untuk 2015 gimana??

    Komentar oleh Alat Terapi Sehat | April 23, 2015 | Balas

    • th 2015 bisa unduh softcopy di web DDTC

      Komentar oleh triyani | April 30, 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: